BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Seiring
dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, manusia berusaha untuk
membuat berbagai peralatan yang berhubungan dengan teknologi komputer yang
dapat menyelesaikan dan memudahkan suatu pekerjaan. Sejalan dengan itu dunia
kerja tidak hanya mengharuskan para karyawan memiliki pengetahuan yang luas
akan tetapi juga memiliki keterampilan professional yang siap dalam menjawab
tantangan global. Kenyataan ini membawa konsekuensi bahwa para lulusan
perguruan tinggi secara terus menerus perlu melakukan peningkatan kualitas
lulusan agar memiliki kompetensi seperti yang diinginkan.
Pendidikan
merupakan usaha yang terencana dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi
peserta didik agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara
aktif dengan dukungan keterampilan dan
kecerdasan sikap sosial. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui optimalisasi
seluruh komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu. Komponen pendidikan
itu antara lain: satuan pendidikan, peserta didik, tenaga kependidikan,
pengelola kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, serta kebijakan
pendidikan.
Sistem
pendidikan yang terbangun melalui optimalisasi peran peserta didik dengan
dukungan sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat
berolahraga, sarana peribadatan, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, dan
sumber lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.
Tumbuhnya
kesadaran untuk meningkatkan mutu pendidikan harus dapat direalisasikan dalam
praktik. Mahasiswa sebagai penerima dalam pemberian mata pelajaran senantiasa
mengharapkan peningkatan kualitas materi, teknik dan aplikasi dari mata
pelajaran sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah
direncanakan. Selain itu, mahasiswa juga mengharapkan alternatif dan inovasi
baru yang dapat menunjang proses dan hasil pembelajaran yang diterimanya. Salah
satu yang perlu dilakukan adalah penggunaan media dan teknologi yang ada. Namun
di samping memahami penggunaannya, para guru pun patut berupaya untuk
mengembangkan keterampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan
efesien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai
dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Jurusan Pendidikan
Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan yang dalam
kurikulumnya terdapat mata kuliah PLC (Programable
Logic Controller). PLC merupakan sistem pengendali yang sampai saat ini
telah diakui keakuratan, efektifitas dan efisiennya dan paling banyak digunakan
di industri yang berskala besar. Mempelajari PLC di jenjang jurusan teknik
listrik atau elektro dapat menghasilkan mahasiswa yang lebih berkompeten dan
akan lebih mampu bersaing ketika masuk ke dalam jenjang yang lebih tinggi
maupun ketika mereka langsung terjun ke dalam dunia kerja.
Para
lulusan jurusan teknik elektro biasanya bekerja dalam bidang industri jika mereka tidak melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Industri-industri yang berkembang saat
ini dalam proses kerjanya tidak lepas dari mesin-mesin listrik misalnya; motor
listrik, yakni mesin penggerak yang mengubah energi listrik menjadi energi
mekanik. Penggunaan motor listrik memerlukan pengaturan, pelayanan atau pengawasan
terhadap proses kerja sehingga proses bekerjanya sesuai dengan yang dikehendaki. Oleh karena itu, perlu
pengonrolan dalam penggunaannya, dan agar mendapat hasil yang maksimal maka
perlu pengontrolan secara otomatis maupun semi otomatis dengan memanfaatkan
teknologi yang ada.
Zelio
adalah smart relay yang dibuat oleh Schneider Telemecanique yang tersedia dalam 2 model
yakni model compact dan model modular. Keunggulann zelio adalah sangat mudah
untuk diimplementasikan dan waktu implementasi proyek lebih cepat, bersifat
fleksibel dan sangat handal, mudah dalam modifikasi (dengan softwaring), yang lebih
ekonomis daripada PLC yang lain untuk aplikasi yang sama dan sederhana serta
memerlukan waktu training lebih pendek (Telemecanique: 2004). Oleh karena itu, penulis termotivasi untuk membuat Tugas Akhir dengan Judul Rancang Bangun PLC Zelio logic.
B. Batasan
masalah
Dalam Rancang Bangun Trainer ini
penulis membatasi pada PLC Logic yang di keluarkan oleh schneider,
yaitu Zelio Logic SR3.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka permasalahan rancang bangun ini adalah ”Bagaimana
merancang bangun trainer PLC Zelio Logic untuk Praktikum teknik pengaturan listrik
di jurusan teknik elektro !
D. Tujuan
Tujuan rancang bangun ini adalah
untuk membangun trainer PLC Zelio Logic SR3.
E. Manfaat
Manfaat Tugas
Akhir ini adalah:
1.
Trainer
PLC Zelio dapat digunakan pada mata
kuliah PLC di laboratorium Teknik Elektro.
2.
Mengetahui
jenis-jenis PLC
3.
Memberikan
informasi tentang cara menjalankan dan mengaplikasikan trainer PLC Zelio untuk
mata kuliah PLC khususnya bagi para mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar