Rabu, 30 Mei 2012

RANCANG BANGUN TRAINER PLC ZELIO SR3 UNTUK PRAKTIKUM PLC PADA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNM


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, manusia berusaha untuk membuat berbagai peralatan yang berhubungan dengan teknologi komputer yang dapat menyelesaikan dan memudahkan suatu pekerjaan. Sejalan dengan itu dunia kerja tidak hanya mengharuskan para karyawan memiliki pengetahuan yang luas akan tetapi juga memiliki keterampilan professional yang siap dalam menjawab tantangan global. Kenyataan ini membawa konsekuensi bahwa para lulusan perguruan tinggi secara terus menerus perlu melakukan peningkatan kualitas lulusan agar memiliki kompetensi seperti yang diinginkan.
            Pendidikan merupakan usaha yang terencana dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi peserta didik agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif  dengan dukungan keterampilan dan kecerdasan sikap sosial. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui optimalisasi seluruh komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu. Komponen pendidikan itu antara lain: satuan pendidikan, peserta didik, tenaga kependidikan, pengelola kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, serta kebijakan pendidikan.
            Sistem pendidikan yang terbangun melalui optimalisasi peran peserta didik dengan dukungan sarana dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, sarana peribadatan, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, dan sumber lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.
            Tumbuhnya kesadaran untuk meningkatkan mutu pendidikan harus dapat direalisasikan dalam praktik. Mahasiswa sebagai penerima dalam pemberian mata pelajaran senantiasa mengharapkan peningkatan kualitas materi, teknik dan aplikasi dari mata pelajaran sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Selain itu, mahasiswa juga mengharapkan alternatif dan inovasi baru yang dapat menunjang proses dan hasil pembelajaran yang diterimanya. Salah satu yang perlu dilakukan adalah penggunaan media dan teknologi yang ada. Namun di samping memahami penggunaannya, para guru pun patut berupaya untuk mengembangkan keterampilan membuat sendiri media yang menarik, murah dan efesien, dengan tidak menolak kemungkinan pemanfaatan alat modern yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

            Jurusan Pendidikan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan yang dalam kurikulumnya terdapat mata kuliah PLC (Programable Logic Controller). PLC merupakan sistem pengendali yang sampai saat ini telah diakui keakuratan, efektifitas dan efisiennya dan paling banyak digunakan di industri yang berskala besar. Mempelajari PLC di jenjang jurusan teknik listrik atau elektro dapat menghasilkan mahasiswa yang lebih berkompeten dan akan lebih mampu bersaing ketika masuk ke dalam jenjang yang lebih tinggi maupun ketika mereka langsung terjun ke dalam dunia kerja.
            Para lulusan jurusan teknik elektro biasanya bekerja dalam bidang  industri jika mereka tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Industri-industri yang berkembang saat ini dalam proses kerjanya tidak lepas dari mesin-mesin listrik misalnya; motor listrik, yakni mesin penggerak yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Penggunaan motor listrik memerlukan pengaturan, pelayanan atau pengawasan terhadap proses kerja sehingga proses bekerjanya sesuai dengan yang dikehendaki. Oleh karena itu, perlu pengonrolan dalam penggunaannya, dan agar mendapat hasil yang maksimal maka perlu pengontrolan secara otomatis maupun semi otomatis dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
            Zelio adalah smart relay yang dibuat oleh Schneider Telemecanique yang tersedia dalam 2 model yakni model compact dan model modular. Keunggulann zelio adalah sangat mudah untuk diimplementasikan dan waktu implementasi proyek lebih cepat, bersifat fleksibel dan sangat handal, mudah dalam modifikasi (dengan softwaring), yang lebih ekonomis daripada PLC yang lain untuk aplikasi yang sama dan sederhana serta memerlukan waktu training lebih pendek (Telemecanique: 2004). Oleh karena itu, penulis termotivasi untuk membuat Tugas Akhir  dengan Judul Rancang Bangun PLC Zelio logic.

B.     Batasan masalah
      Dalam Rancang Bangun Trainer ini penulis membatasi pada PLC Logic yang di keluarkan oleh schneider, yaitu Zelio Logic SR3.




C.   Rumusan Masalah
                  Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan rancang bangun ini adalah ”Bagaimana merancang bangun trainer PLC Zelio Logic untuk Praktikum teknik pengaturan listrik di jurusan teknik elektro !



D.   Tujuan
            Tujuan rancang bangun ini adalah untuk membangun trainer PLC Zelio Logic SR3.

E.     Manfaat
Manfaat  Tugas Akhir ini adalah:
1.        Trainer PLC Zelio dapat digunakan pada mata kuliah PLC di laboratorium Teknik Elektro.
2.         Mengetahui jenis-jenis PLC
3.        Memberikan informasi tentang cara menjalankan dan mengaplikasikan trainer PLC Zelio untuk mata kuliah PLC khususnya bagi para mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar